Pages

Selasa, 01 Mei 2012

PAUD

PAUD

PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) Mungkin saja, jarang terdengar kata-kata ini di telinga kita, karena sedikit sekali orang yang mengetahui apa itu PAUD, bagaimana seluk-beluknya dan lain sebagainya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar menjadi anak yang memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 
Tujuan diadakannya kegiatan pendidikan ini untuk mengembangkan potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dari sini kita sudah bisa memahami bahwa PAUD adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan: daya pikir, daya cipta, emosi, spiritual, berbahasa/komunikasi, sosial, sehingga di usia mereka, membiarkan bermain sesuai dengan keinginan yang menurut mereka menarik dan menantang selagi tidak membahayakan mereka. Orang tua hanya melihat dan menggontrol aktivitas anak didik kita yang sedang aktif. 
Secara esensial, substansial PAUD memiliki 3 Kategori, dan itu semua tidak ada perbedaan karena masing-masing bertujuan melejitkan semua potensi perkembangan yang telah dimiliki setiap anak sejak lahir.
3 kategori dalam PAUD yakni :
1. PAUD Formal : TK / RA
2. PAUD Non Formal : Kelompok bermain, Taman Penitipan Anak dan Satuan Paud Sejenis (SPS)
3. PAUD Informal : Paud yang dilaksanakan oleh Lingkungan, misalnya Pendidikan dalam keluarga

http://ri3zky.wordpress.com/2008/10/30/paud-pendidikan-anak-usia-dini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar